Others

16 Subsektor Ekonomi Kreatif : Tren Fashion yang tak Henti-henti

16 Subsektor Ekonomi Kreatif : Tren Fashion yang tak Henti-henti

Masyarakat Indonesia semakin menyadari tren fashion yang mengarah pada lifestyle. Tak heran jika sektor fashion menjadi salah satu 16 subsektor ekonomi kreatif yang berkembang pesat. Bahkan menempati urutan kedua setelah sektor kuliner.

Bagi kamu yang ingin mengetahui hal seputar fashion dan kaitannya dengan subsektor ekonomi kreatif fashion, simak ulasan di bawah ini, ya.

Pengertian Fashion

Sebelum membahas fashion dan kaitannya dengan ekonomi kreatif, sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu apa itu fashion. Istilah fashion secara khusus mengarah pada gaya berpakaian yang dikenakan seseorang di kesehariannya.

Baik di aktivitas sehari-harinya atau ketika orang tersebut menghadiri event tertentu, untuk menunjang penampilan. Pengertian fashion itu sendiri merupakan gaya dalam berbusana atau mode terkini dan sedang populer di masyarakat.

Ada pula yang berpendapat bahwa fashion merupakan gaya berbusana yang dapat mempengaruhi penampilan seseorang di mata publik.

Sejarah Fashion

Jika dilihat dari sejarah perkembangannya, fashion merupakan sebuah gambaran fase perubahan budaya yang terjadi di masyarakat. Selain itu, mode berpakaian ini juga bisa menjadi tolak ukur status sosial individu atau kelompok.

Pada awal tahun 1000 M, gaya fashion klasik di Eropa diidentikan dengan pakaian yang bagus. Hal ini berhubungan erat dengan budaya Eropa pada masa itu yang menjunjung nilai kesopanan.

Seiring berjalannya waktu, hampir semua masyarakat  di negara manapun tampaknya dapat menciptakan tren mereka sendiri.

Pada umumnya , setiap negara di dunia tentu memiliki persepsi, pandangan, dan karakteristiknya tersendiri mengenai mode. Dengan demikian, pengembangan desain busana memang tidak memiliki batasan tertentu.

Manfaat Fashion

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu bisa mendapati berbagai fungsi fashion. Apa sajakah itu? Simak ulasannya di bawah ini:

  • Menciptakan Daya Pikat Tersendiri

Mengenakan pakaian akan membuat seseorang tampak lebih menarik. Tentunya hal ini berhubungan dengan nilai kesopanan dan keramahan yang berlaku di masyarakat.

Terdapat kharisma tersendiri dan mampu menciptakan daya pikat dari seseorang. Oleh karena itu, seseorang pun akan merasa nyaman ketika berdekatan dan berbicara satu sama lain.

  • Membangun Rasa Bahagia

Kamu pastinya setuju salah satu cara memanjakan diri sendiri adalah dengan membeli pakaian baru. Namun, kesesuaian fashion dan mode dengan keinginan akan menciptakan perasaan bahagia tersendiri.

  • Membuat Seseorang Percaya Diri

Secara psikologis, tentunya setiap orang khususnya wanita ingin terlihat menarik dan percaya diri. Adanya tren fashion akan memberikan kepercayaan diri karena mempengaruhi pikiran. Terutama ketika seseorang melakukan berbagai aktivitas dan pekerjaan.

Hal-Hal yang Mempengaruhi Tren Fashion

1. Media Internet

Jangkauan internet saat ini sudah semakin luas hingga ke pelosok daerah. Hal ini merupakan bagian dari globalisasi yang tidak bisa dihindari. Internet juga menjadi salah satu faktor penentu perubahan tren fashion saat ini.

Misalnya di suatu situs web yang mengulas dan menyajikan saran tren fashion kekinian. Tentu saja dengan media internet tersebut informasi tentang fashion akan menyebar dengan mudah.

2. Dunia Entertainment

Dunia entertainment atau dunia hiburan jelas memberikan pengaruh besar terhadap tren fashion di masyarakat. Fashion yang dikenakan selebriti di berbagai media kerap kali menjadi sorotan dan diidolakan banyak orang.

Tak heran seseorang juga rela mengikuti tren mode yang dikenakan selebriti tersebut. Pada dasarnya, hal ini sudah menjadi hukum alam ketika penggemar menjadikan idolanya trendsetter.

3. Dunia Bisnis

Dunia bisnis menjadi faktor penentu tren fashion selanjutnya, tak terkecuali di Indonesia. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar mengingat banyaknya pertanyaan pasar mengenai tren fashion terkini.

Demi perkembangan bisnis, tentunya penjual akan berlomba menciptakan pakaian yang sesuai dengan tren.

4. Dunia Musik

Dunia musik yang berkembang saat ini juga mempengaruhi tren fashion, lho. Terlebih saat ini banyak anak mudah yang menggandrungi boyband dan girlband asal korea. Tentunya kata kunci fashion ala Korea menjadi salah satu yang sedang tren saat ini.

Sebenarnya, hal ini hampir selalu terjadi di setiap generasi musik. Misalnya ketika aliran musik rock dan alternatif yang tren di tahun 90 an, banyak anak muda yang mengikuti tren fashion yang dikenakan idolanya tersebut.

Pentingnya Fashion Terhadap 16 Subsektor Ekonomi Kreatif 

Seperti yang terjadi di berbagai negara di dunia, Indonesia pun mengalami perubahan tren fashion yang cepat. Bahkan dalam dalam hitungan bulan, mode fashion baru selalu muncul. Tentunya, hal ini tak lepas dari produktivitas dan kreativitas para desainer fashion.

Para desainer lokal memiliki jiwa inovatif ketika merancang pakaian. Tidak hanya itu, bidang ini juga menarik perhatian generasi muda kreatif. Tak heran jika industri fashion memiliki antusiasmenya tersendiri.

Hal tersebutlah yang menelatarbelakangi para pelaku usaha ekonom kreatif terus bergerak. Khususnya di sektor fashion dan tren yang berkembang saat ini. Para konsumen pastinya menginginkan inovasi baru dalam desain fashion.

Oleh karena itu, para desainer pakaian dituntut untuk memiliki kreativitas dan imajinasi yang tinggi. Dengan demikian, akan muncul style baru dalam industri fashion di Indonesia yang mampu menarik perhatian masyarakat.

Fashion menjadi salah satu subsektor krusial dalam ekonomi kreatif di tanah air. Tak heran jika peluang subsektor fashion ini sangat berpotensi untuk dikembangkan. Upaya ini tentunya harus diseimbangkan dengan SDM yang berkualitas.

Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan potensi dari subsektor fashion ini adalah dengan mengadakan pelatihan. Pelatihan tersebut dilakukan guna menciptakan kreativitas para pelaku ekonomi kreatif, baik dari segi desain, nilai produk, promosi, pemasaran, dan lainnya.

Ulasan mengenai fashion di atas semoga bisa membuka pikiran kita betapa pentingnya sektor ini. Fashion memang menjadi salah satu 16 subsektor ekonomi kreatif yang tidak ada habisnya. Hal ini karena pengembangannya bergantung pada kreativitas dan keterampilan sumber daya manusia.