Parenting

3 Tips Memilih Susu Formula untuk Si Kecil yang Wajib Diketahui Orang Tua

3 Tips Memilih Susu Formula untuk Si Kecil yang Wajib Diketahui Orang Tua

Konsumsi susu formula diberikan ketika si kecil menginjak umur 1 tahun ke atas. Hal ini dilakukan dikarenakan beberapa bayi sudah tidak mau minum ASI Maka dari itu, para ibu perlu tahu tips memilih susu formula paling tepat untuk si buah hati. Menurut WHO, bayi juga perlu ditambah asupan nutrisinya dengan MPSI atau makanan tambahan selain ASI sejak usia 6 bulan.

Bagaimana Tips Memilih Susu Formula untuk si Bayi?

Pemberian ASI sangat penting bagi si buah hati agar berkembang dan tumbuh sehat dan normal. Apabila nutrisi ASI tidak terpenuhi maka dapat membuat si kecil mengalami kekurangan nutrisi. Tentunya, berakibat fatal pada perkembangan tubuh dan otaknya. Jika si kecil sudah tidak mau mengkonsumsi ASI ibu sejak berumur 1 tahun lebih, maka solusi terbaik adalah susu formula. Perlu diketahui bahwa bayi harus minum ASI selama 2 tahun. Bagi para ibu yang bingung menentukan pilihan susu formula terbaik untuk si kecil. Maka beberapa tips berikut bisa menjadi solusi:

  1. Memeriksa Komposisi yang Terkandung pada Susu

Sebelum membeli produk susu formula. Maka sebaiknya melihat kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Biasanya, sufor mengandung beberapa zat gizi meliputi, DHA, AHA, Probiotik dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui kadar gula yang ada di dalam susu. Apabila kandungan gula rendah maka susu formula tersebut adalah pilihan tepat. Hal ini dikarenakan sufor dengan gula tinggi dapat menyebabkan obesitas.

  1. Pilih Susu Formula Terbuat dari Susu Sapi dan Peruntukkan Sesuai Umur si Bayi

Apabila Anda sedang memilah susu formula terbaik untuk si kecil. Maka lebih baik perhatikan peruntukkan susu untuk umur berapa. Hal ini akan berpengaruh pada kandungan nutrisi yang dibutuhkan si kecil dari tahun ke tahun berbeda. Tidak hanya itu, Anda juga memilih susu yang dibuat dari susu sapi.

Hal tersebut dikarenakan susu sapi memiliki protein dan kandungan gizi hampir setara dengan ASI. Selain itu, proteinnya jauh lebih mudah dicerna untuk tubuh si kecil. Namun, beberapa bayi memiliki alergi terhadap susu sapi, sehingga susu yang tepat diberikan adalah susu PHP atau Protein Hidrolisa Parsial. Biasanya, susu yang dikonsumsi untuk anak yang alergi susu adalah susu soya atau kedelai.

  1. Pilih Susu PHP dengan Kandungan Tinggi Kalsium

Masa pertumbuhan si kecil membutuhkan asupan kalsium tinggi. Hal ini dikarenakan kalsium dapat membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kepadatan tulang dan gigi. Selain itu, juga membantu pertumbuhan rangka dan memperkokohnya, Maka dari itu, perhatikan kandungan komposisi pada sufor, terutama pada kuantitas kalsium.

Selain cara diatas yang perlu diperhatikan saat membeli susu formula, yaitu susu memiliki kandungan vitamin D dan asam amino. Selain itu, selalu cek tanggal kadaluarsanya agar si kecil terbebas dari resiko keracunan. Jangan lupa untuk memilih sufor dengan whey tinggi dibandingkan kasein. Hal ini disebabkan whey memiliki struktur protein hampir sama dengan ASI.