Property

Berapa Biaya Jasa Pindahan Rumah? Begini Cara Menghitungnya

Berapa Biaya Jasa Pindahan Rumah? Begini Cara Menghitungnya

Pindahan bukanlah hal yang mudah, banyak yang harus dikerjakan dan tentu akan menguras banyak tenaga. Jika Anda tidak ingin lelah dan kerepotan, Anda bisa menggunakan jasa pindahan rumah. Namun, sebelum menyewa jasa pindahan, sebaiknya ketahui cara perhitungan biaya jasa pindahan berikut ini.

Cara Menghitung Biaya Jasa Pindahan

Pindah rumah dapat dilakukan dengan dengan 2 cara, yaitu menggunakan jasa angkut dan jasa pindah rumah. Biaya jasa angkut umumnya didasarkan pada jarak pengiriman, yang mana biaya per kilometernya bergantung pada kendaraan yang hendak Anda gunakan. Misal, jika Anda menggunakan pickup biayanya Rp8.000 per km, sedangkan truk Rp10.000 per km.

Sedangkan jika menggunakan jasa pindahan rumah, biayanya didasarkan pada volume barang yang akan dipindahkan. Jadi, volume barang yang akan dipindahkan akan dikalikan dengan harga moving rate. Harga moving rate untuk pengiriman dalam kota dan luar kota umumnya berbeda.

Misal, Anda ingin membawa lemari dengan tinggi 100 cm, panjang 50 cm dan lebar 50 cm, maka 100 x 50 x 50 / 1.000.000 = 0,2 CBM (meter kubik). Kemudian, volume ini akan dikalikan dengan harga moving rate—Rp100.000 misalnya—maka biaya yang harus Anda bayar untuk membawa 1 buah lemari dengan ukuran tersebut adalah 0,2 x Rp100.000 =  Rp20.000.

Jadi, pada dasarnya kedua jasa tersebut mengacu pada volume barang yang akan dibawa. Semakin baik Anda mengorganisir barang bawaan, maka biaya yang perlu Anda keluarkan juga akan semakin kecil, begitupun sebaliknya. Oleh sebab itu, pilihlah barang yang hendak dibawa dengan bijak.

Apa Saja Fasilitas yang Didapat?

Jika menggunakan jasa angkut biaya yang Anda bayarkan hanya pengiriman dan bongkar muat saja. Jika Anda ingin menggunakan tenaga tambahan untuk membantu pengepakan atau penataan ruangan, maka Anda perlu membayar biaya tambahan sesuai dengan jumlah orang tambahan yang Anda butuhkan.

Sedangkan jika menggunakan jasa pindah rumah maka biaya tersebut sudah termasuk jasa tenaga kerja untuk pengepakkan dan penataan barang di rumah yang baru, material pengepakan—kardus, bubble wrap, dll.—kendaraan dan supir. Sehingga Anda hanya perlu memantau selama proses pindah rumah.

Ada juga biaya tambahan yang akan dikenakan jika ada pekerjaan tambahan seperti, pasang AC, pompa air, kitchen set dan pekerjaan lain yang membutuhkan teknik khusus. Penyedia jasa pindah rumah juga umumnya menyediakan fasilitas bantuan untuk anak dan manula. Fasilitas ini umumnya merupakan bagian dari layanan dan  tidak dikenai biaya tambahan.

Itulah cara menghitung biaya yang harus Anda bayarkan saat menggunakan jasa pindahan rumah. Harga yang tertera di atas hanyalah estimasi, tiap penyedia jasa memiliki harga yang berbeda-beda. Anda bisa mengunjungi laman sejasa.com untuk menemukan penyedia jasa pindahan yang ada di wilayah Anda dengan harga terbaik.