Others

Melembapkan Kulit, 6 Masker Wajah Alami untuk Kulit Kering

Melembapkan Kulit, 6 Masker Wajah Alami untuk Kulit Kering

Sama seperti kulit berminyak, kulit kering pun tak kalah membuat pusing pemiliknya. Dikarenakan kondisinya yang kering, tak jarang kulit wajah terlihat bersisik dan sangat mudah mengalami iritasi. Selain itu, kulit wajah pun sangat rentan untuk mengelupas. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa masker wajah alami yang dapat menghidrasi kulit.

  1. Masker Alpukat

Alpukat mengandung ragam vitamin yang dapat menghidrasi dan melembapkan kulit wajah Anda. Selain itu, alpukat juga mengandung zat antioksidan, yang dapat melindungi kulit dari paparan risiko kerutan dan juga paparan radikal bebas. Anda bisa menambahkan minyak zaitun dalam olahan masker alpukat ini. Minyak zaitun juga menghidrasi dan punya manfaat sebagai anti-aging.

  1. Masker Kuning Telur

Jika putih telur digunakan untuk menormalkan kulit berminyak, maka kuning telur bisa dimanfaatkan untuk melembapkan kulit yang kering. Ambil hanya bagian kuning telur saja, kocok sedikit lalu oleskan secara merata pada permukaan kulit wajah Anda yang kering. Anda bisa menambahkan perasan lemon atau jeruk, untuk mengurangi aroma amis dan mencerahkan kulit.

  1. Masker Lidah Buaya dan Mentimun

Tatkala wajah yang kering mengalami iritasi, Anda bisa meredakannya dengan memanfaatkan masker wajah yang terbuat dari lidah buaya dan mentimun. Lidah buaya dapat menyejukkan kondisi kulit yang meradang dan teriritasi karena paparan cahaya matahari. Mentimun juga memberi efek sejuk dan membersihkan kulit. Campurkan kedua bahan ini, lalu oleskan di wajah.

  1. Masker Susu

Tak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, susu pun bisa digunakan untuk melembapkan dan mencerahkan kulit wajah. Susu yang bisa digunakan untuk masker ini adalah susu skim bubuk. Campurkan susu skim bubuk ini dengan madu, lidah buaya, dan juga essential oil. Masker susu juga bisa membasmi sel kulit mati penyebab wajah terlihat kusam, karena mengandung asam laktat.

  1. Minyak Kelapa

Selain untuk memasak, minyak kelapa murni juga bisa Anda manfaatkan untuk melembapkan kulit yang kering. Anda bisa minyak kelapa sebagai masker atau pun sebagai primer saat akan memakai make up. Cukup oleskan minyak kelapa di wajah dan biarkan selama 20 menit atau sampai mengering. Penggunaannya cukup tipis saja, agar malah tak menyumbat pori-pori wajah.

  1. Masker Cokelat Hitam

Dark chocolate atau cokelat hitam merupakan bahan yang dapat digunakan untuk melembapkan wajah. Selain itu, aroma yang dikeluarkannya saat tengah digunakan, juga akan membuat Anda merasa tenang. Olah cokelat hitam menjadi masker dengan tambahan garam dan susu. Oleskan secara merata di wajah dan biarkan hingga mengering, agar wajah jadi lembap dan segar.

Jika tak ingin kulit kering Anda mengalami iritasi dan mengelupas, maka sebaiknya Anda mencari cara untuk melembapkannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti yang dipaparkan di atas. Selain melembapkan, bahan-bahan tersebut juga bisa menyegarkan dan mengatasi masalah kulit lainnya.