Lifestyle

Mengenal Tipe Kulit Untuk Mencegah Penyakit Kulit

Mengenal Tipe Kulit Untuk Mencegah Penyakit Kulit

Kulit ialah organ esensial dan juga vital. Kulit juga merupakan cerminan dari kesehatan seseorang. Lebih baik kita harus selalu menghindari ragam macam penyakit kulit. Selain itu, kulit ini terletak di bagian paling luar serta membatasi juga dengan lingkungan hidupnya manusia. Ada tiga lapisan kulit yaitu berupa epidermis, dermis serta subkutis. Kulit ini mempunyai peranan sangat penting agar bisa menjaga bagian dalamnya tubuh dari ragam gangguan fisik, lalu kimiawi, dan infeksi luar. Infeksi ini bisa dari bakteri, jamur, dan gangguan yang bisa bersifat panas. Agar kita bisa terhindar dari penyakit kulit, maka lebih baik pahami ragam jenis-jenis kulit itu sendiri.

Kulit Tipe Normal

Kulit yang normal ini cenderung mudah untuk dirawat sehingga bisa membutuhkan perhatian minimal. Ada kelenjar minyak atau sebaceous gland yang ada pada kulit yang normal dan biasanya tak akan membandel. Hal ini karena dari minyak (sebum) tertentu yang dikeluarkan bisa seimbang, jadi tidak berlebihan atau pun juga kekurangan. Ada ciri-ciri dari kulit normal yaitu antara lain seperti kulit yang terasa lebih lembut, lebih lembab, dan segar. Termasuk juga kulitnya lebih bercahaya, halus serta mulus, elastis dan tanpa jerawat. Ciri lainnya yaitu tidak terlihat terlalu berminyak yang berlebihan serta tidak kering juga.

Kulit Tipe Kering

Ada juga jenis kulit yang kering satu ini disebabkan oleh ketidakseimbangan produksi kelenjar minyak. Minyak yang dihasilkan kelenjar minyak ini tidak maksimal sehingga terjadinya kekurangan minyak tersebut dan akan membuat kulit bisa menjadi kering bahkan sangat kering. Jenis untuk kulit kering ini memiliki ciri-ciri yaitu antara lain seperti kulit yang halus tetapi kulit tersebut yang mudah untuk menjadi kasar. Kulit kering juga akan bisa terlihat kusam, dan mudah timbul masalah kerutan yang hal ini disebabkan menurunnya tingkat elastisitas kulit. Lalu juga berkurangnya daya kerutan otot-otot, dan mudah timbul adanya noda hitam, serta mudah bersisik

Kulit Tipe Berminyak

Untuk jenis kulit yang berminyak ini maka memang membutuhkan perhatian serta perawatan lebih lagi. Penyebab dari masalah kulit berminyak yaitu adalah karena dari kelenjar minyak memang sangat produktif. Sehingga tidak akan mampu mengontrol tingkat jumlah minyak tertentu yang perlu dikeluarkan. Lalu kelenjar minyak biasanya terletak pada lapisan dermis, dan mudah terpicu bekerja makin aktif. Ciri dari kulit yang jenis berminyak yaitu ialah minyak di daerah atau area T zone akan tampak berlebihan. Lalu tekstur kulitnya tebal dengan terdapat pori-pori yang besar, dan juga mudah berjerawat. Selain itu, tampilan wajah juga berkilat, serta tak mudah timbul masalah kerutan. Selain beberapa jenis kulit di atas, memang ada ragam tipe kulit lainnya. Misalnya kulit kombinasi, dan juga kulit sensitif yang lebih memerlukan perawatan. Jenis kulit yang kombinasi sendiri merupakan gabungan jenis kulit yang kering dan juga berminyak. Kulit sensitif lebih tipis biasanya dari jenis yang lain sehingga akan sangat peka pada hal-hal tertentu yang dapat menimbulkan alergi. Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin anda juga agar bisa terhindar dari ragam macam penyakit kulit. Selain itu, jaga pola hidup tetap sehat dan juga bugar. Karena akan bisa mengkondisikan kesehatan tubuh anda dari dalam. Anda bisa membaca ragam artikel kesehatan tepercaya sekarang ini. Sehingga bisa menjadi panduan kesehatan yang tepat dan mudah.