Traveling

Objek Wisata Lembah Harau, Keindahan Air Terjun Sebenarnya

Objek Wisata Lembah Harau

Sumatera Barat memiliki banyak wisata alam yang sayang untuk dilewatkan, termasuk Lembah Harau. Lembah ini sangat indah dengan bentangan pemandangan alam. Bagi Anda yang suka dengan wisata alam, wisata Lembah Harau bisa menjadi solusinya.

Air Terjun di Lembah Harau

Anda akan disuguhi air terjun yang sangat indah. Nama air terjun di tempat ini berasal dari bahasa Minang, antara lain Air Terjun Sarasah Aie Luluih, Sarasah Bunta, Sarasah Aka Berayun dan Sarasah Murai. Setiap air terjun memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Air di sini berasal langsung dari dataran tinggi Lembah Harau. Tak heran jika airnya jernih dan segar.

Lokasi Lembah Harau

Objek Wisata ini berada di dekat Payakumbuh, tepatnya di Kecamatan Harau dan Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Jika dari Kota Padang sekitar 138 km dan dari Kota Payakumbuh sekitar 18 km. Dari kota Padang, Anda bisa melanjutkan ke Kota Payakumbuh. Kemudian dari Payakumbuh bisa langsung melewati jalan Payakumbuh Pekanbaru.

Rute Jalan ke Lembah Harau

Jika Anda dari Bandara Minangkabau, silakan melanjutkan perjalanan darat menuju Bukittinggi yang berjarak 70 km. Selanjutnya perjalanan dilakukan ke arah timur menuju kota Payakumbuh yang berjarak 33 km. Selanjutnya Anda bisa menuju Lembah harus yang berjarak 18 km.

Anda bisa naik angkot warna putih dari jalan Sudirman dan turun di Harau. Untuk ke tempat wisatanya bisa menggunakan becak motor dengan harga 40 ribuan. Namun, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil untuk mempermudah dan efektivitas waktu.

Fasilitas

Fasilitas di wisata Lembah Harau ini sudah lengkap. Anda bisa menemukan area parkir dengan mudah. Selain itu fasilitas lain seperti kamar mandi, penginapan, masjid, dan tempat membeli souvenir juga ada. Jika Anda lapar, banyak warung ampera yang berada di tempat ini. Sehingga tak perlu khawatir tidak membawa makanan saat ke tempat ini.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk di tempat ini tidak ada. Hanya saja saat ingin ke wahana di kawasan Harau, Anda harus membayar mulai 5 ribu hingga 25 ribu rupiah. Untuk parkir di setiap kawasan juga dikenakan biaya sebesar 5 ribu hingga 10 ribu. Sehingga Anda harus menyiapkan uang kecil untuk membayar parkir.

Wisata Lembah Harau masih menjadi kawasan wisata idola di Sumatera Barat. Keindahan tebing dan air terjunnya tidak diragukan lagi. Sebaiknya Anda jangan ke tempat ini saat hari libur atau lebaran karena sangat ramai dan kurang maksimal menikmati keindahan alam.