Parenting

Penting! Ini 5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Penting! Ini 5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur Tidak jarang anak kecil melewati fase sangat sulit untuk menyukai sayur karena kurang menarik bentuknya dan mungkin rasanya yang kurang enak. Tidak jarang orang tua bingung menghadapi kondisi semacam ini. Berikut ini 5 cara mengatasi anak susah makan sayur yang bisa menjadi solusi bagi Anda. 1. Memberikan Contoh Baik Kepada Anak Pastikan Anda juga menyukai sayuran agar anak Anda juga suka sayuran. Anda bisa menjadi panutan yang baik bagi anak-anak. Tunjukan bahwa sayuran adalah makan sehat dan enak. Buatlah menu yang menggugah selera supaya sayur lebih terlihat menggoda. Anda bisa menambahkan wortel, jagung dan potongan tomat agar sayur lebih berwarna cerah. 2. Menyajikan Makanan dengan Tampilan yang Menarik Buatlah menggunakan cetakan atau alat pemotong khusus yang banyak dijual di toko. Anak-anak akan suka saat melihat sayuran dan buah dengan bentuk yang menarik untuk dimakan. Mereka akan dibuat penasaran karena bentuknya yang unik. Cara ini merupakan cara yang cukup ampuh dan bisa dilakukan oleh orang tua. Membuat kreasi makanan yang mengandung sayur dan buah tidaklah sulit. Anda bisa membuat kreasi makanan dengan sayuran dan buah-buahan dengan bentuk-bentuk yang lucu seperti bentuk bintang, bunga dan berbagai macam binatang. 3. Ajak Anak dalam Proses Menyajikan Makanan Ajaklah anak untuk memasak makanannya sendiri. Anda bisa mencoba mengajaknya untuk mengaduk atau mencetak buah dan sayur yang akan di makan. Anak-anak sangat aktif dan sangat suka dalam melakukan berbagai macam kegiatan. Memasak bersama mungkin bisa dijadikan cara yang efektif karena dapat Anda lakukan di rumah bersama anak Anda. Saat memasak bersama anak, pastikan Anda menjauhkan anak dari benda tajam dan api. Mungkin, memasak bersama anak akan membutuhkan waktu yang agak lama karena anak akan melakukannya secara perlahan. Namun, cara ini akan membuat anak lebih tertarik mengonsumsi sayur hasil kreasinya sendiri. 4. Sajikan Sayur yang Disukai Anak Sebagai orang tua, Anda harus cermat dalam memilih makanan kesukaan anak. Anak pasti memiliki sayuran favorit yang paling ia sukai. Namun, Anda juga harus tetap menawarkan berbagai macam sayuran dengan memberinya kesempatan untuk memilih sayur yang ia sukai. Anda juga bisa menyajikan olahan sayuran secara bergantian setiap hari agar anak tidak bosan. Perhatikan respon dan reaksinya terhadap sayuran yang Anda masak. Anda bisa mencari berbagai resep olahan sayuran agar anak tidak bosan. 5. Jangan Memaksa Anak Jangan pernah memaksa anak makan sayur, yakinkan anak agar dia mau makan sayur dan tidak ada hukuman jika mereka sesekali tidak makan sayur. Memaksa anak hanya akan membuatnya semakin membenci sayuran. Nah, itulah 5 cara mengatasi anak susah makan sayur. Sayuran mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh Anak. Mengonsumsi sayuran dengan jumlah dan cara pengolahan yang tepat baik bagi kesehatan tubuh anak.

Tidak jarang anak kecil melewati fase sangat sulit untuk menyukai sayur karena kurang menarik bentuknya dan mungkin rasanya yang kurang enak. Tidak jarang orang tua bingung menghadapi kondisi semacam ini. Berikut ini 5 cara mengatasi anak susah makan sayur yang bisa menjadi solusi bagi Anda.

1. Memberikan Contoh Baik Kepada Anak

Pastikan Anda juga menyukai sayuran agar anak Anda juga suka sayuran. Anda bisa menjadi panutan yang baik bagi anak-anak. Tunjukan bahwa sayuran adalah makan sehat dan enak. Buatlah menu yang menggugah selera supaya sayur lebih terlihat menggoda. Anda bisa menambahkan wortel, jagung dan potongan tomat agar sayur lebih berwarna cerah.

2. Menyajikan Makanan dengan Tampilan yang Menarik

Buatlah menggunakan cetakan atau alat pemotong khusus yang banyak dijual di toko. Anak-anak akan suka saat melihat sayuran dan buah dengan bentuk yang menarik untuk dimakan. Mereka akan dibuat penasaran karena bentuknya yang unik.

Cara ini merupakan cara yang cukup ampuh dan bisa dilakukan oleh orang tua. Membuat kreasi makanan yang mengandung sayur dan buah tidaklah sulit. Anda bisa membuat kreasi makanan dengan sayuran dan buah-buahan dengan bentuk-bentuk yang lucu seperti bentuk bintang, bunga dan berbagai macam binatang.

3. Ajak Anak dalam Proses Menyajikan Makanan

Ajaklah anak untuk memasak makanannya sendiri. Anda bisa mencoba mengajaknya untuk mengaduk atau mencetak buah dan sayur yang akan di makan. Anak-anak sangat aktif dan sangat suka dalam melakukan berbagai macam kegiatan. Memasak bersama mungkin bisa dijadikan cara yang efektif karena dapat Anda lakukan di rumah bersama anak Anda.

Saat memasak bersama anak, pastikan Anda menjauhkan anak dari benda tajam dan api. Mungkin, memasak bersama anak akan membutuhkan waktu yang agak lama karena anak akan melakukannya secara perlahan. Namun, cara ini akan membuat anak lebih tertarik mengonsumsi sayur hasil kreasinya sendiri.

4. Sajikan Sayur yang Disukai Anak

Sebagai orang tua, Anda harus cermat  dalam memilih makanan kesukaan anak. Anak pasti memiliki sayuran favorit yang paling ia sukai. Namun, Anda juga harus tetap menawarkan berbagai macam sayuran dengan memberinya kesempatan untuk memilih sayur yang ia sukai.

Anda juga bisa menyajikan olahan sayuran secara bergantian setiap hari agar anak tidak bosan. Perhatikan respon dan reaksinya terhadap sayuran yang Anda masak. Anda bisa mencari berbagai resep olahan sayuran agar anak tidak bosan.

5. Jangan Memaksa Anak

Jangan pernah memaksa anak makan sayur, yakinkan anak agar dia mau makan sayur dan tidak ada hukuman jika mereka sesekali tidak makan sayur. Memaksa anak hanya akan membuatnya semakin membenci sayuran.

Nah, itulah 5 cara mengatasi anak susah makan sayur. Sayuran mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh Anak. Mengonsumsi sayuran dengan jumlah dan cara pengolahan yang tepat baik bagi kesehatan tubuh anak.