Others

Peralatan-peralatan Apa Saja yang Dibutuhkan Untuk Bisnis Cetak Baju?

Peralatan-peralatan Apa Saja yang Dibutuhkan Untuk Bisnis Cetak Baju?

Sablon baju merupakan salah satu teknik mencetak dengan tinta di atas bahan baju tertentu. Sebagian besar kaos atau t-shirt yang kita gunakan saat ini memakai teknik tersebut, dengan begitu tidak heran pelaku usaha mulai banyak yang membuka usaha cetak baju. Bisnis tersebut memang sudah semakin menjamur seiring meningkatnya permintaan pencetakan baju-baju di masyarakat untuk segala kebutuhannya.

Namun, untuk menjalankan bisnis printing baju tidak sembarangan. Banyak pertimbangan yang perlu Anda pikirkan dengan matang, salah satunya adalah peralatan-peralatan yang dibutuhkan. Bagi Anda yang ingin membuka usaha sablon, berikut beberapa peralatan yang perlu Anda siapkan.

  • Alat pemotong

Dari semua peralatan yang ada, alat pemotong adalah peralatan yang paling sederhana tapi wajib Anda sediakan. Alat pemotong yang dimaksud bukanlah gunting pada umumnya, tapi alat khusus yang sudah langsung terhubung dengan program aplikasi desain yang Anda gunakan untuk membuat desain bajunya.

Dengan adanya alat pemotong, Anda tidak perlu lagi memotong bagian desain bajunya secara manual. Alat ini sudah secara otomatis memotong bagian yang memang harus dipotong sesuai dengan desainnya.

  • Aplikasi desain

Bagi Anda yang membuka bisnis cetak baju sekaligus menyediakan pembuatan desainnya, sudah pasti aplikasi desain Anda butuhkan. Terdapat banyak aplikasi desain grafis yang dapat Anda gunakan, baik yang gratis maupun berbayar. Tapi, ada baiknya jika Anda memilih yang berbayar agar Anda bisa menikmati semua fiturnya tanpa khawatir kehabisan masa berlakunya.

  • Kertas transfer

Tidak semua pelaku usaha awam mengetahui kalau kertas transfer sangat penting dalam bisnis printing baju. Fungsi kertas transfer yaitu memindahkan desain gambar yang berada di printer ke atas bahan bajunya. Untuk memindahkan gambar tersebut, nantinya Anda membutuhkan peralatan lainnya yang dinamakan heater.

  • PC atau laptop

Mencetak baju merupakan cara digital untuk mendesain suatu baju, karena itulah Anda membutuhkan yang namanya PC atau laptop. Segala perintah untuk mendesain maupun mencetak pastinya membutuhkan aplikasi tertentu, sehingga PC ataupun laptop tidak boleh Anda lewatkan. Selain itu, PC maupun laptop dapat membantu Anda membuat catatan keuangan atau lainnya.

  • Heater atau mesin pemanas

Peralatan yang satu ini sudah sempat dibahas pada bagian kertas transfer. Sesuai yang sudah dijelaskan, heater dipakai untuk memindahkan desain gambar pada bahan baju tertentu untuk dicetak. Saat kertasnya sudah memuat desainnya, Anda hanya menempelkannya pada bahan baju yang ingin digunakan dan ditekan menggunakan heater agar gambarnya berpindah ke bahan tersebut.

  • Mesin printer

Peralatan yang pasti Anda butuhkan lainnya yaitu mesin printer. Jika tidak ada mesin tersebut, Anda tidak dapat mencetak baju yang diinginkan. Namun, jangan lupa Anda sediakan tinta printer agar gambarnya memiliki warna. Bagi Anda yang ingin hasil cetak kaosnya bagus, gunakan printer solvent. Meskipun begitu, Anda harus mengeluarkan budget lebih untuk membelinya.

Sebenarnya tidak sulit membuka usaha cetak baju. Hanya saja, Anda perlu mencari informasinya terlebih dahulu sebelum menjalankannya agar tidak terjadi kesalahan di tengah-tengah bisnis Anda tersebut. Anda sudah siap membuka usaha sablon baju digital?