Kesehatan

6 Jenis Buah-Buahan sebagai Makanan Penambah HB Paling Efektif

Jenis Buah-Buahan sebagai Makanan Penambah HB Paling Efektif

Kadar normal hemoglobin (HB) dalam darah berbeda tergantung usia dan jenis kelamin, misalnya wanita dewasa sebanyak 12,1 hingga 15,1 g/dL sedangkan pria dewasa standarnya antara 13,8 hingga 17,2 g/dL. Apabila angka yang Anda miliki di bawah standar, maka dinyatakan rendah HB dan perlu mengonsumsi makanan penambah HB salah satunya adalah buah-buahan.

Makanan Penambah HB dari Buah-Buahan

  1. Semangka

Meningkatkan kadar HB dapat dilakukan dengan memperbanyak makanan yang mengandung vitamin C dan zat besi. Kedua kandungan tersebut terdapat pada semangka dengan kadar zat besi sebesar 0,2 mg dan vitamin C sebesar 8,1 mg untuk setiap 100 gram. Selain itu, kandungan air pada buah semangka dapat mengatasi dehidrasi yang menjadi salah satu penyebab darah rendah.

  1. Mangga

Kandungan vitamin C yang mampu memaksimalkan penyerapan zat besi bisa Anda peroleh dari buah mangga. Kadarnya sangat tinggi yaitu sekitar 36,4 mg untuk setiap 100 gram. Vitamin C nantinya juga menunjang produksi sel darah merah. Terdapat juga kandungan zat besi sebesar 0,2 mg. Oleh sebab itu, mangga disarankan untuk penderita anemia.

  1. Buah Kering

Apabila ingin mengonsumsi buah dalam olahan lain, maka cobalah buah yang dikeringkan seperti kismis, plum kering, dan kurma. Walaupun mengalami pengolahan lanjutan namun buah tersebut tidak lantas kehilangan kandungan nutrisinya. Justru tujuan dari pengeringan adalah meningkatkan kadar nutrisi. Anda bisa memanfaatkan buah kering sebagai topping roti, campuran minuman atau menyantapnya secara langsung.

  1. Stroberi

Kadar HB yang rendah dapat kembali dinormalkan dengan bantuan stroberi. Buah mungil berwarna merah ini kaya akan vitamin C yang kadar per 100 gramnya bisa mencapai 58,8 mg. Terdapat juga kandungan zat besi yang besarnya 0,4 mg. Dengan dibantu oleh vitamin C, maka penyerapan zat besi akan lebih optimal.

  1. Alpukat

Buah alpukat disarankan untuk penderita rendah HB karena memiliki kandungan zat besi sebanyak 0,6 mg dan vitamin C sebanyak 10 mg per 100 gramnya. Selain itu, ada juga kandungan asam folat yang fungsinya membentuk sel-sel darah merah dengan kadar sebesar 0,09 mg. Tidak hanya sebagai selingan, Anda juga bisa menjadikan alpukat sebagai menu sarapan.

  1. Tomat

Siapa menyangka buah kecil ini dapat mengatasi kadar HB yang rendah. Kandungan dalam tomat yang berperan utama adalah vitamin C sebanyak 40 mg, dan zat besi sebanyak 0,5 mg. Sebaiknya, jangan memasak tomat saat akan dikonsumsi karena beresiko menurunkan kadar nutrisinya. Cara terbaik adalah dengan mengonsumsinya secara langsung atau dijadikan jus.

Buah-buahan menjadi salah satu sumber zat besi dan vitamin C alami yang aman dikonsumsi. Namun, perlu diingat untuk tidak mengolahnya secara berlebihan karena kandungan nutrisi di dalamnya akan menurun bahkan hilang. Konsumsi buah-buahan secara rutin juga turut menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Apalagi jika diimbangi dengan olahraga secara teratur dan cukup.