Parenting

Anak Anda Alergi Susu Sapi? Berikut Alternative yang Bisa Diberikan!

Anak Anda Alergi Susu Sapi? Berikut Alternative yang Bisa Diberikan!

Salah satu gangguan kesehatan yang sering muncul pada anak-anak adalah alergi susu sapi. Memang, ada beberapa anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda di mana mereka akan sangat reaktif pada produk susu sapi. Jika sudah begini, maka Anda sebagai orang tua tentu tidak boleh memberikan susu sapi kepada anak Anda atau alergi akan semakin menjalar dan parah.

Tidak dimungkiri memang bahwa susu sapi masih menjadi pilihan pertama yang dipilih orang tua untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak mereka. Namun, bagaimana jika anak menderita alergi saat mengonsumsi susu sapi?

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa alternative penunjang nutrisi anak yang bisa diberikan jika anak Anda menderita alergi susu sapi. Apa saja alternative tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Penyebab Bayi Atau Anak Mengalami Alergi Susu Sapi

Ada beberapa penyebab bayi atau anak terkenal alergi susu sapi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Faktor genetik dari ibu penderita
  • Terpapar bahan alergi baik yang dikonsumsi oleh anak secara langsung atau dikonsumsi ibu dan menyebar melalui ASI
  • Faktor lain seperti binatang piaraan, cuaca, polusi udara dan lainnya

Alternative Nutrisi Untuk Anak yang Menderita Alergi Susu Sapi

Sebagaimana disinggung di awal, ada beberapa alternative yang bisa diberikan untuk menggantikan susu sapi karena alergi yang menyerang. Beberapa alternative tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Susu kedelai

Susu kedelai adalah alternative terbaik jika anak Anda mengalami alergi susu sapi. Susu yang didapatkan dari ekstrak kedelai ini aman untuk dikonsumsi karena tidak memiliki kandungan lactose. Tidak hanya itu, susu kedelai juga rendah lemak jenuh dan bebas kolesterol.

Pemberian susu kedelai secara teratur selain akan membebaskan anak dari alergi susu sapi juga akan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Hanya saja, pemberian tentu harus sesuai dosis yang dianjurkan, terutama untuk anak-anak yang baru berusia 1 tahun.

  • Susu almond

Alternative lain dari susu sapi untuk diberikan kepada anak yang menderita alergi susu sapi adalah susu almond. Sesuai namanya, susu ini dibuat dari kacang almond dan memiliki tekstur yang sangat mirip dengan susu sapi.

Bedanya, dibandingkan dengan susu sapi, susu almond cenderung memiliki kandungan vitamin E yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, kandungan mineral lain pun terdapat dalam produk susu ini. Hanya saja, saat hendak memilih susu almond, pastikan jika Anda memilih produk susu yang bebas dari pemanis buatan.

Beberapa produk susu almond memang terkadang menggunakan pemanis buatan dengan alasan rasa yang lebih nikmat. Namun, tentu, pemanis buatan ini akan membuat kandungan glukosa susu almond cenderung lebih tinggi.

Demikian beberapa informasi tentang alternative nutrisi untuk mengatasi alergi susu sapi pada anak. Tentu, Anda sebaiknya mengetahui beragam informasi seputar kehamilan untuk persiapan penanganan masalah anak yang lebih baik.