Kesehatan

Mengenal Lebih Jauh Tentang Bagian-bagian Hati Beserta Fungsinya

Bagian-bagian Hati

Tidak cukup mengherankan bila sebagian besar masyarakat Indonesia tidak mengetahui atau kurang begitu paham dengan bagian-bagian hati. Hal ini dikarenakan kesadaran kesehatan tentang organ tubuh masih sangat rendah bagi masyarakat Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa hati memiliki peranan yang sangat penting dalam sistem pencernaan serta metabolisme dan menyimpan nutrisi dalam tubuh. Selain itu hati juga berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh.

Tidak menutup kemungkinan masih banyak sekali orang yang menganggap bahwa hati manusia berbentuk love atau bisa juga berbentuk daun ivy. Padahal salah satu organ vital pada tubuh manusia yang memiliki berat tidak lebih dari 1,5 kg bentuknya malah menyerupai segitiga yang letaknya ada di bagian kanan atas pada rongga perut dan berada di bawah diafragma.

Hati manusia memang terdiri dari empat lobus atau bagian dan setiap bagian tersebut memiliki ukuran yang sangat berbeda-beda. Bagi Anda yang belum tahu tentang apa saja bagian dari hati manusia, berikut ini adalah penjelasannya:

  1. Lobus kiri dan lobus kanan.
  2. Vena hepatika merupakan pembuluh darah yang memiliki fungsi untuk mengangkut darah terdeogsigensi serta darah yang telah berhasil disaring oleh hati yaitu darah yang berasal dari lambung, usus besar, usus kecil serta pankreas yang ke vena kava inferior.
  3. Vena sentralis, terdapat pada bagian tengah tiap lobus. Bergabung menjadi vena yang lebih besar kemudian membentuk vena hepatik yang kemudian akan menuju ke vena kava interior.
  4. Lakuna, berfungsi memisahkan satu lobulus dengan lobulus yang lain.
  5. Diagfragma, merupakan membran otot yang berfungsi untuk memisahkan dada dari perut.
  6. Kantung empedu, merupakan bagian dari sistem empedu yang memiliki fungsi reservoir penyimpanan bagi empedu.
  7. Arteri hepatika, berfungsi mendistribusikan darah menuju ke hati, pankreas dari empedu dan lambung ke bagian duodenum yang berasal dari usus halus.

Di atas adalah beberapa penjelasan tentang anatomi hati pada manusia beserta dengan fungsinya. Hati pada manusia terdiri dari 2 bagian, yakni bagian kanan serta bagian kiri. Dan hati pada bagian memang lebih besar enam kali bila dibandingkan dengan yang bagian lobus kiri. Maka dari itu apabila terdapat gangguan pada hati akan muncul rasa nyeri pada bagian tersebut.

Hati memiliki fungsi yang sangat penting untuk mengatur keseimbangan tubuh manusia. Karena fungsinya yang begitu penting tersebut menjadikan hati sebagai salah satu organ tubuh manusia yang paling sibuk selain otak, ginjal serta jantung. Hati menjadi salah satu pertahanan hidup yang memiliki peranan penting pada setiap metabolisme tubuh manusia. Hati juga memiliki kemampuan untuk regenerasi yang sangat mengagumkan.

Setelah mengetahui bagian-bagian hati beserta dengan fungsinya, maka akan lebih baik bila mulai sekarang Anda menjaga kesehatan hati tersebut. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan hati, seperti contohnya yakni melakukan imunisasi sejak dini. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan kita dari penyakit hepatitis. Hepatitis sendiri merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan pada hati. Hal tersebut dapat dicegah dengan melakukan imunisasi sejak dini. Selain itu Anda juga bisa melakukannya dengan meminum air putih lebih banyak. Hal ini dikarenakan air memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh kita. Yakni untuk membantu menghindarkan dari racun. Selain itu Anda juga bisa menerapkan pola makan hidup sehat, perbanyak makan buah dan sayur dan menghindari makanan-makanan junkfood.